6 MANFAAT BLOGGING UNTUK SEORANG DESAINER GRAFIS


Seiring berkembangnya jaman, kegiatan blogging berkembang sangat cepat dengan adanya akses internet yang semakin mudah digunakan di negara kita. Selain itu dengan banyaknya layanan penyedia blog gratis juga sangat mendukung pesatnya pertumbuhan dibidang yang satu ini. Blogger merupakan salah satu penyedia blog gratis yang paling tersohor selama ini.

Apakah ada manfaat bagi para desainer melakukan kegiatan blogging? berikut saya berikan beberapa manfaat yang akan didapatkan sorang desainer grafis yang bergelut dalam kegiatan blogging:

1. Menulis Artikel Blog

Menulis merupakan salah satu cara yang baik dalam proses pengembangan diri seseorang. Untuk menulis sebuah artikel yang baik, penulis diharuskan banyak membaca sebelum menulis. Membaca membuat kita mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas. Seorang desainer grafis dituntut memiliki wawasan yang luas karena, seorang desainer dituntut membuat suatu desain yang memiliki arti dan makna. dengan mempunyai wawasan yang luas, seorang desainer dapat mengkombinasikan wawasan tersebut kedalam desain yang dibuatnya.

2. Membangun Link atau Koneksi

Perkembangan teknologi yang pesat sangat membantu kita untuk membuat sesuatu menjadi lebih mudah. Dengan adanya jaringan internet kita dapat menjelajah duni serta menambah koneksi dengan hanya duduk manis didepan komputur atau yang lebih memudahkannya lagi kita juga dapat menggunakn handphone untuk mengaksesnya. Manfaat yang dapat kita peroleh, kita dapat dengan mudah untuk meluaskan jaringan dang bergabung dengan komunitas-komunitas desainer dari seluruh dunia. 

3. Update

Deangan adanya blog kita dapat mengetetahui dengan cepat tentang perkembangan dan temuan-temuan baru dari seluruh dunia, bahkan dalam dunia desain grafis tentunya. Update terhadap sesuatu hal atau perkembangan yang baru  sangatlah penting bagi kita semua. ini akan menjadi hal penting dalam pengembangan diri seorang desainer grafis. Blog mempermudah kita untuk menemukan komunitas-komunitas desain grafis, dengan bergabung dengan komunitas tersebut kita dapat dengan mudah mengetahui informasi dan hal-hal baru seputar desain grafis, karena itu blogging sangat bermanfaat untuk para desainer.

4. Berbagi Ilmu

Tidak ada istilah rugi dalam berbagi ilmu yang kita miliki. Dengan adanya blog kalian dapat menuliskan sebuah informasi yang kalian miliki seperti ilmu, tips desain, tutorial desain. dengan begitu akan banyak orang yang mendapatkan manfaat dari tulisan kita. Dengan begitu orang-orang yang melihat tulisanmu akan menjadikanmu panutan dalam belajar desain. bisa juga mereka mempromosikan kita kepada client yang membuduhkan jasa desain kita.

5. Mengiklankan Diri

Blog merupakan salah satu aplikasi untuk mengiklankan diri sebagai desainer grafis. Kita juga dapat memajang portofolio hasil-hasil project yang pernah kita kerjakan. kenyataannya adalah, kemungkinan datangnya project atau kerjaan untuk kita bisa darimana saja. Manfaat blog untuk kita para desainer adalah untuk menjaring mangsa atau client untuk memberikan project kepada kita.

6. Sumber Penghasilan

Blog bisa menjadi sumber penghasilan? tentu!!!, sudah banyak orang yang berhasil meraup banyak uang dengan melakukan kegiatan blogging. Namu menghasilkan uang dengan blog bukan hal yang mudah, semuanya membutuhkan proses, usaha, dan kesabaran.


Sekian poin-poin yang sayang ringkas berdasarkan pengalaman pribadi dan sharing dengan teman-teman desainer lainnya. semoga poin-poin ini dapat berguna untuk kalian.
Previous
Next Post »