TIPS MEMBUAT CV KREATIF


Oke kali ini gua akan membahas cara pembuatan suatu CV kreatif. CV atau curriculum vitae adalah suatu surat pengantar buat kalian yang inging bekerja di suatu perusahaan. Untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, sudah pasti pasti kalian harus membuat perusahaan tertarik untuk membca CV yang dikirimkan. CV berisikian daftar rangkaian dari riwayat hidup yang berisi informasi mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, penghargaan, kemampuan (skill) dan informasi lainnya. Bila CV tidak menarik, maka kemungkinan besar perusahaan yang anda lamar tidak akan memanggil walaupun hanya untuk sekedar wawancara.


Ada yang tau bedanya CV formal dan CV kreatif itu apa? oke kita mulai dengan CV formal, CV formal adalah surat pengantar buat kalian yang inging bekerja di suatu perusahaan, terlihat biasa saja dan sangat tidak menarik untuk di liahat ataupun dibaca oleh pihak perusahaan. CV formal hanya terdiri dari selembar kertas putih dan tumpukan tulisan serta amplop coklat untuk mengirimkan surat tersebut. Seperti gambar dibawah ini.

CV NORMAL

Sedangkan CV Kreatif adalah surat pengantar yang terlihat sangat menarik dan membuat minta pembaca untuk membaca dan melihat surat tersebut. CV kreatid biasa diliahat dengan packaging yang unik dan menarik, CV kreatif juga di hiasi dengan unsur-unsur seni. Bentuknya pun bisa dibuat semenarik dengan ide yang kalian punya, bisa seperti kotak pensi, web dan lain-lain. Untuk contohnya ini CV kreatif saya.

CV KREATIF
  • CV kreatif biasanya digunakan untuk industri kreatif seperti TV, Radio, Media Cetak, Advertising. Nah mereka semua menuntuk kalian untuk membuat CV yang menarik.
  • CV kreatif kamu juga harus informatif! Jangan buat pembaca pusing ketika membaca CV kamu.
  • Ketika desain sudah jadi ngapain terus apalagi? Nah jangan lupa, Cantumkan alasan desain CV yang kalian buat juga ya, karena kadang topik pembicaraan pertama saat interview kurang lebih tentang konsep CV kamu. jadi kamu harus punya jawaban untuk menjelaskan dari desain CV kamu.
  • Penting juga loh untuk mempelajari karakter perusahaan serta posisi yang kamu incar, usahakan CV yang kamu buat sesuai dengan hal tersebut.
  • Jangan lupa di CV kreatif kamu, masukan Link website berisi project2 dan portofolio yang pernah kalian buat. Jadi bisa mempersingkat waktu dan nilai tambahan buat kamu.
  • Buatlah riwayat hidup berbentuk Landscape karena bisa menghemat ruang. Kamu bisa buat seperti timeline. Perhatian juga file size CV, jangan keasikan desain jd lupa sizenya. Biasanya file size di email hrd adalah kurang dari 5 M
  • Untuk bagian skills, bisa buat bentuk pie chart gunanya mempermudah recruiter memahami keahlian kamu,Untuk bagian pengalaman pekerjaan, kamu bisa buat Infographic yang sekarang lagi pouler. Seperti punya saya yg 1 ini.




First

1 komentar:

Write komentar
Anonim
AUTHOR
25 Juni 2019 pukul 02.09 delete

contoh cv terbaru dan menarik HRD

Reply
avatar