TIPS JITU MENJADI SEORANG MOTION GRAFIS DESIGNER




Kalo sebelumnya saya memberitahu sekilas sejarah tentang motion grafis, kali ini saya akan menjelaskan tips-tips untuk menjadi seorang motion grafis desainer. Seperti yang kita ketahui diera yang maju ini sudah banyak media-media yang dapat membantu kita untuk menghasilkan suatu karya.

Motion grafis adalah salah satu cabang dari sebuah ilmu desain, berbeda dengan desain cetak atau desain web. Motion desain tidakhanya sebuah desain yang diam atau tidak bergerak,misalnya seperti desain poster yang hanya menampilkan desain yang tidak bergerak (still). Motion grafis merupaka sekumpulan gambar yang dibuat bergerak atau dianimasikan. Jadi buat kalian para desainer yang ingin menambahkan skill desain kalian dan mempelajari motion desain, kalian juga harus tau apa saja yang harus seorang motion desainer miliki.

Untuk menjadi seorang motion desain hal yang harus kalian miliki adalah sebuah bakat dan taste visual yang baik, kalian harus memiliki sebuah karakteristik dan kemampuan dari seorang desainer grafis, seorang programer, animator dan pembuat film.

Berikut adalah beberapa tips untuk kalian para desain yang ingin mempelajari motion grafis:
-. Menyukai motion grafis
Sama halnya jika kalian ingin memiliki pasangan yang kalian inginkan, kalian harus menyukai pasangan kalian tersebut untuk memilikinya. Sama juga seperti motion grafis, untu menjadi seorang motion desain hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menyukai bidang ini. Kalian tidak harus bisa gambar atau mempunyai keturunan seni, karena ketika kamu sudah menyukainya bukah hal yang tidak mungkin untuk mempelajarinya terus menerus. Yang harus kalian lakukan adalah menyukainya dan mengembangkannya dengan cara belajar.
-Mempelajari motion desain
Dinegara kita ini sangat sedikit jurusan khusus di bidang motion grafis. Tapi, sekolah atau perkuliahan yang berhubungan dengan motion grafis sudah lumayan banyak seperti jurusan desain grafis, animasi, broadcast, dll. Yang harus kalian lakukan ialah mencari ilmu tersebut diluar akademik pembelajaran seperti melalui internet, dan banyak meliahat tutorial yang, mengikuti perkumpulan motion desain atau apa saja yang berhubungan dengan motion desain tersebut.
-Mencari refrensi desain
Dengan mencari refrensi desain-desain bagus yang dilihat dari visual dalam desain tersebut, isi pesan dalam desain tersebut, serta cara pembuatan desain tersebut. Selain kalian melihat hal-hal tersebut kamu juga bisa belajar dari desain tersebut, secara langsung ilmu seni kalian akan bertambah dan refrensi desain kalian bertambah banyak.
-Membuat gaya desain baru
Kalian juga harus dituntut untuk memiliki pemikiran kreatif yang tinggi. Carilah gaya desainmu sendiri yang berbeda dengan orang lain dengan membuat bentuk baru, pergerakan animasi yang baru dan menarik. Jangan takut juga untuk berbeda dengan desain lain dan terus berkreasi, temukan gaya desain yang khas kamu dan membuat orang lain mengenali bahwa itu desain kalian. karena itu mencari refrensi sangatlah penting untuk kalian yang ingin menjadi motion desainer.
-Memperhatikan karya desainmu
Motion grafis sering kali kita temui didalam sebuah iklan TVC, oleh karna itu kalian juga harus memperhatikan karya kalian dengan media yang akan digunakan, pastikan semua elemen seperti warna, bentuk font, dll itu pantas dan cocok pada media tersebut. karna sebuah motion desain yang baik adalah desain yang dapat menyampaikan sebuah pesan kepada audience dengan baik.
-BE YOUR SELF
Percayalah pada kemampuan yang kalian miliki, dan saling menghargain karya desain orang lain. Karena dengan menghargai semua hal baik akan datang.

Oke sekian dari saya, semoga tulisan ini bisa membantu kalian dalam mempertambahan ilmu. 

Previous
Next Post »