APA ITU MOTION GRAFIS


Hallo kali ini saya akan membahasas tentang Motion Grafis. Jadi buat kalian yang berminat dalam dunia Desain Komunikasi Visual atau DKV dapat mengetahui tentang motion grafis, disini saya akan membahas secara singkat sejarah motion grafis. Mudah-mudahan dengan adanya informasi ini dapat menambah bahan referensi dan inspirasi buat kamu yang inggin mengetahui tentang motion grafis dan yang terpenting bisa ikut berperan dalam dunia kreatif dan desain grafis indonesia secara keseluruhan. selamat membaca.


  • SEJARAH MOTION GRAFIS
Oke saya mulai dari sejarah motion grafis, motion grafis merupakan salah satu subjek dari ilmu desain yang banyak digunakan periklanan dalam pemembuatan sebuah iklan (TVC), opening program TV dan juga dapat digunakan untuk video clip music serta profil sebuah perusahaan. Pada awal abad ke-20 orang-orang seperti Viking Eggeling, Oskar Fischinger, dan len Iye bereksperimen dengan motion di dalam film-film yang menyerupai grafis. Akhirnya Soul Bass dengan opening projeknya pada tahun 50an membuktikan dan membuka mata publik dengan adanya motion grafis. Pada akhir 70an munculah orang-orang seperti Harry Marks dan Robert Abel yang membantu membawa dinamika motion grafis yang dihasilkan dari komputer grafis untuk siaran televisi. Pada awal 1990an sebuah perusahaan bernama Motion Graphics Inc mulai menonjol, perusahaan yang dibangun oleh Jhon Whitney pada tahun 1960.
Untuk mempelajari ilmu motion grafis ini kalian dapat menemukannya didalam ilmu desain grafis. Motion grafis juga sudah dianggap sebagai suatu keahlian khusus yang biasanya dilakukan oleh desainer yang berkonsentrasi dalam pembuatan suatu siaran untuk televisi

  • PENGERTIAN MOTION GRAFIS
Ketika membahas tentang motion grafis kita tidak akan lepas dengan kata desain grafis, Desain grafis adalah deskripsi yang paling membingungkan. Kebanyakan orang beranggapan yang berbeda tentang desain grafis dan seni rupa atau bentuk lain dari digital art. Beberapa definisi normal membuat sedikit keliru karena terlalu spesifik kecuali jika, memang menghasilkan sebuah desain yang ditunjukan untuk kebutuhan yang spesifik. Untuk mendefinisikan desain grafis menimbulkan banyak perdebatan, tetapi tidak seperti yang sesulit mendefinisikan motion grafis sebagai cabang dari ilmu desain grafis. Motion grafis juga manggabungkan video, film, animasi, fotografi, ilustrasi, dan musik. 
Video atau film dari objek yang bergerak tidak bisa dianggap motion grafis, kecuali jika rekaman gambar tersebut dikombinasikan dengan elemen desain, seperti bentuk dan jenisnya. Animasi juga belum bisa dikatakan sebagain motion grafis dan begitu juga sebaliknya, tapi yang paling membedakan antara animasi dan motion adalah, animasi lebih mengutamakan ide dan alur cerita sedangkan motion grafis alur cerita bisa dikatakan bukan hal yang paling utama. jadi para pembuat animasi yang menomorsatukan alur cerita justur cenderung akan jauh dalam kategori motion grafis.

Motion grafis pada umunnya merupakan gabungan dari potongan-potongan desain yang berbasis media visual yang menggabungkan bahasa film dengan desain grafis, seperti memasukan elemen-elemen yang berbeda seperti desain 2d atau 3d, animasi, video, tipografi, ilustrasi, fotografi, dan musik. Motion grafis dikalangan dunia broadcast memliki kehadiran yang sangat kuat di televisi. Sepertihalnya dalam pembuatan komersil grafis, hiburan, promo atau sebuah opening program, grafik berita dan grafis yang terdapat dalam sebuah produk-produk TVC. Dalam dunia perfilman motion grafis biasanya digunakan untuk pembuatan opening tittle atau opening sequence.

TOKOH PRINTIS MOTION GRAFIS
  • Saul Bass
SAUL BASS
Saul bass adalah seseorang yang dianggap menjadi penggerak dalam dunia motion dengan karyanya yang menjadi awal dari motion grafis. Pria yang lahir pada tanggal 8 may 1920 ini sudah mendesain sequence pada beberapa film seperti film Vertigo (1958), Anatomy of a Murder (1959), Psycho (1960) dan masih banyak lagi.

  • Kyle Cooper
KYLE COOPER
Kyle Cooper bisa dianggap paling terkenal sebagai motion desainer. Kyle sempat mendesain opening film lebih dari 150 film, diantaranya: seven, Mission Impossible, dan The Mummy. ia adalah pemegang gelar M.F.A bidang Desain Grafis dari Yale School of Arts serta Royal Designer for Industry dari Royal Society of Arts.

TIPS
"Sedikit tips untuk kalian yang ingin menjadi motion desainer, kalian yang ingin menjadi motion desainer sebaiknya harus memiliki bakat dan taste yang baik. menggunakan softwere atau program terupdate atau terbru bukan jaminan untuk menghasilkan karya yang baik pula. yang terpenting adalah apa yang bisa kita ciptakan dengan ide kreatif yang kita punya dari software yang ada."
Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
12 Maret 2016 pukul 05.21 delete

Gan, ane ijin kopas nih artikel ya :) untuk tugas sekolah mbuat blog.

Reply
avatar
Artadhitive
AUTHOR
9 Agustus 2016 pukul 00.43 delete

Thanks Gan informasinya lengkap banget....,

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10 September 2017 pukul 21.56 delete

Izin copas terimakasih

Reply
avatar
26 Mei 2019 pukul 13.20 delete

Keerne bro,,solahkan mampir ke belajar desain

DESAIN GRAFIS

Reply
avatar
Dan
AUTHOR
13 November 2019 pukul 08.21 delete

kalua boleh tau sumbernya dari buku apa ya?

Reply
avatar