TUTORIAL MEMBUAT DESAIN TULISAN 2D TERLIHAT 3D MENGGUNAKAN PHOTOSHOP


Kali ini saya akan memberikan tutorial untuk membuat desai tulisan 2D berkesan 3D dengan memanfaatkan shadow, lighting, dan layer stlyles di Adobe Photoshop. Tutorial ini sangat berguna untuk kalian yang baru mempelajari Adobe Photoshop (pemula), Kita akan membahas teknik dasar lighting dan shadow di Photoshop. Oke tunggu apalagi, pertama buka Photoshop kalian terlebih dahulu.

Langkah 1
buatlah dokumen baru (ctrl+N), buat ukuran 1000X1000 pixels dengan resolusi 300 dpi. Gunakan juga mode warna RGB seperti gambar dibawah ini.

LANGKAH 1

Langkah 2
Mengganti warnah background layers, malian bias mengikuti warn pads tutorial ini atau membuat warna baru. Disarankan menggunakan warna yang cenderung gelap untuk background

LANGKAH 2

Langkah 3
Buatlah sebuah tulisan panart dengan menggunakan font Bebas Neue, atau kalain juga bisa menggunakan font lain yang kalian inginkan.

LANGKAH 3

Langkah 4
Pada layer panart, kalian klik kanan lalu pilih bending options. Pilih gradiant overlay pada layer styles dan ubah blend mode menjadi Multiply, opacity menjadi 50% dan atur angle menjadi -65. Jika langkah ini sudah selesain klik ok, dan lihat hasilnya.

LANGKAH 4A

LANGKAH 4B

Langkah 5
Sekarang buat layer baru untuk membuat shadow/bayangan dengan mengklik ikon add new layer pada layer pallete, beri nama layer tersebut "first". Lalu, kita pindah ke layer panart untuk mengambil seleksi font tersebut dengan cara: tahan Ctrl+klik pada thumbnail layer panart, biarkan seleksi tetap aktif dan pindah ke layer "first" dan beri warna hitam dengan pada seleksi tersebut dengan menekan alt+delete.

LANGKAH 5
Langkah 6
hide terlebih dahulu layer "panart" untuk mempermudah langkah ini. Pertama duplikat layer "first" dengan menekan ctrl+j dan beri nama "end". lalu, atur posisi layer "first" dan "end" menjadi seperti gambar ini.

LANGKAH 6

Langkah 7
Pada langkah ini duplikat layer "first" sebanyak 15 kali dengan menekan Ctrl+J sebanyak 15 kali. Setelah itu seleksi layer "end" sampai dengang layer "first copy 15", lalu klik kanan pada seluruh layer tersebut, klik kana  dan pilih Link Layers. Jika sudah akan muncul ikon link pada layer tersebut

LANGKAH 7A


Sementara layer-layer tersebut sudah terLink satu sama lain, klik Distribute Vertical dan Distribute Horizontal Center untuk menyusun layer-layer tersebut menjadi seperti berikut. setelah itu dengan kondisi terseleksi dengan layer tadi, klik ctrl+E untuk menggabungkannya menjadi satu layer, dan beri nama shadow.

LANGKAH 7B

Langkah 8
Pada layer shadow, klik Filter>Blur>Motion Blur dan atur nilai seperti gambar beriku. Jika sudah kalian aktifkan layer "panart" dan lihat hasilnya, jika gambar shadow dan panart kurang rapih kalian bisa merapihkannya secara manual.

LANGKAH 8
Langkah 9
ubah Blend mode pada layer "shadow" dan ubah opacity later terse but menjadi 50%

LANGKAH 9
Langkah 10
Langkah ini kita akan membuat laighting pada backgroun tersebut dengan cara membuat layer baru, lalu gunakan gradient tool(G). Atur arah gradient tool agar gambar terlihat seperti berikut dan ubah blend modenya menjadi overlay dan opacity menjadi 50%.

LANGKAH 10

Langkah 11
Pada layer "panart", klik kanan dan pilih blending options lalu pilih Beven and Embos dan atur nilai-nilai tersebut seperti di gambar.

LANGKAH 11A
Jika sudah, klik pada Pattern Overlay. Kemudian lakukan seperti gambar dibawah ini.

LANGKAH 11B
Lalu ubah blending mode menjadi overlay menjadi multiply dan opacity menjadi 75%.

LANGKAH 11C
Langkah 12

Lakukan langkah sebelumnya pada layer bacground. Dan seperti ini hasilnya

HASIL
Oke sekian tutorial ini semoga bisa berguna buat kalian semua yang sudah membaca dan mencobanya.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
21 Mei 2015 pukul 19.40 delete

terimakasih buat tutornya,

http://acemaxsshop.com/obat-penyakit-sinusitis-herbal/

Reply
avatar